Pemain favorit tuan rumah Louis Oosthuizen menembakkan 64 bebas momok untuk meningkatkan harapannya meraih gelar Terbuka Afrika Selatan di Johannesburg. Juara Terbuka 2010 menembak tujuh birdie untuk mempertahankan jwbola keunggulan satu pukulan atas Marcus Armitage Inggris, yang berlari melalui lapangan dengan 62 yang menakjubkan membawanya ke 14 di bawah.

Oosthuizen bisa menjadi pemain pertama yang berhasil mempertahankan gelar ini sejak sesama pemain Afrika Selatan Trevor Immelman 16 tahun lalu.

37 tahun, yang mengejar kemenangan Tur Eropa ke-10, bersembunyi 15-footer pada yang kedua, membuat birdie lain pada yang ketiga, dan menyelesaikan hat-trick dengan bantuan chip yang halus pada keempat.

Oosthuizen berusia 31 tahun setelah melakukan judi slot via pulsa putt setinggi tujuh kaki di hole kesembilan dan menambahkan birdie di hole 11, 13 dan 14 di sembilan hole terakhir.

Armitage yang kelahiran Salford jelas memiliki selera untuk Lapangan Firethorn di Randpark Golf Club setelah membuat kartu 65 yang bebas momok pada hari pertama.

Armitage, yang mendapatkan kembali kartunya di Qualifying School setelah pertama kali memasuki European Tour pada tahun 2016, naik 42 tempat dengan putaran dua elang, enam birdie dan hanya satu tembakan jatuh.

Upaya 32 tahun itu akan menjadi catatan saja seandainya kebohongan tidak disukai.

“Itulah sebabnya kami bermain golf untuk hari-hari itu, itu hanya keajaiban,” kata Armitage seperti dikutip di situs Tur Eropa.

“Aku menyembunyikan irisan kecil pada tiga dan itu baru saja pergi dari sana.”

Jaco Ahlers terpaut satu pukulan terpaut dari Armitage setelah membuat enam birdie dan tiga bogeys dalam satu putaran 68.

Kelompok lima kuat pada 12 di bawah berisi Andy Sullivan Inggris, yang digaruk putaran 67, dan kuartet Afrika Selatan – Jayden Schaper, Branden Grace, Jacques Blaauw dan Martin Rohwer.

Schaper adalah pemimpin semalam dan pemain amatir berusia 18 tahun itu tetap berselisih dengan 69 di bawah par.